1.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Menerapkan Inkuiri Apresiatif



Demonstrasi Kontekstual - Pembelajaran 5

Bagaimana Inkuiri Apresiatif (IA) dapat melibatkan komunitas?

Durasi : 2 JP (90 menit)
Jenis Kegiatan:  Penugasan mandiri

Selamat datang kembali di sesi pembelajaran ke 6.

Pada bagian ini, Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak akan ditantang untuk menjalankan model manajemen perubahan Inkuiri Apresiatif BAGJA secara nyata bersama komunitas dan pemangku kepentingan di sekolah Anda. Sebagai latihan, Anda diminta untuk menjalankan tahapan BAGJA untuk menghasilkan sebuah rekomendasi perubahan.

Sebagai tambahan, Anda juga dapat menyimak terlebih dahulu paparan Jon Townsin seorang Psikolog Organisasi yang menjelaskan inkuiri apresiatif dalam videonya berikut ini.

 https://youtu.be/apqKi_m6Ejs

sebagai filosofi dan proses untuk memanfaatkan kekuatan dan pengalaman semua orang yang berada dalam suatu sistem untuk mewujudkan yang diinginkan. Menurut Jon, inkuiri apresiatif dapat menyuntikkan energi, harapan dan optimisme ketika kebutuhan untuk perubahan telah teridentifikasi. 


Tugas Individu 5

Merekomendasikan upacara bendera yang berpihak pada murid dan dinantikan oleh seluruh warga sekolah.”

Fokuskan diri Anda untuk menjalankan BAGJA tahap demi tahap. Susunlah pertanyaan-pertanyaan yang dapat mengungkap hal paling menyenangkan, positif atau menarik dari pengalaman-pengalaman komunitas sekolah Anda saat mengikuti kegiatan upacara bendera selama ini. Bukalah ruang dialog bersama ragam unsur untuk menghasilkan pertanyaan-pertanyaan yang sesuai di tiap tahapan BAGJA Anda.

Lakukan penelusuran jawaban bersama segenap komunitas sekolah pada setiap tahapan BAGJA untuk mendapatkan rumusan rekomendasi Anda. Kita perlu percaya bahwa perubahan adalah upaya gotong-royong. Model BAGJA merupakan praktik membawakan proses perubahan berbasis kekuatan.

Untuk memperjelas gambaran tugas yang harus Anda kerjakan, pada kesempatan ini kita akan ambil contoh di tahapan Buat pertanyaan utama (inisial dalam BAGJA). Tahapan ini adalah tahap menemukan apa yang ingin Anda selidiki menjadi bentuk pertanyaan. Misalnya: Jika kita akan menyelidiki apa saja yang komunitas sekolah kita sukai dari upacara bendera di sekolah kita selama ini. Maka pertanyaan utama penyelidikannya antara lain adalah:

  • Hal apa yang paling baik dapat Anda temukan dari upacara bendera yang biasa dilakukan di sekolah?
  • Hal apa yang paling menarik untuk kita pelajari dari pengalaman mengikuti upacara bendera di sekolah selama ini? 
  • dan lain sebagainya.

Susunlah secara lengkap tahapan B-A-G-J-A tersebut, libatkanlah beberapa rekan, murid dan pemangku kepentingan di sekolah Anda dalam proses melengkapinya. Pada pembelajaran sebelumnya, Anda telah membuat daftar pemangku kepentingan di sekolah, manfaatkanlah informasi dalam daftar tersebut. Bayangkan dengan sungguh-sungguh bahwa rencana ini akan Anda rekomendasikan kepada yang berwenang dan akan Anda eksekusi.

Berikut ini contoh tabel untuk mengumpulkan pertanyaan utama dan kegiatan apa saja yang ada di setiap tahapan B-A-G-J-A sebagai dasar pertimbangan Anda ketika merumuskan rekomendasi perubahan pada Upacara Bendera di sekolah.


Silakan Anda mengisi tabel di atas sesuai dengan rubrik yang akan membantu Anda dalam menyusun rencana rekomendasi yang diharapkan sekaligus menjadi alat untuk menilainya.

Tugas Individu 6

Setelah menyelesaikan rencana BAGJA di atas dan menjalankannya, kemudian susunlah perbandingan antara Upacara yang biasa dilakukan di sekolah dengan upacara versi baru.

Komentar