Postingan

Menampilkan postingan dari November 22, 2020

1.2.b..5. Eksplorasi Konsep - Penyelarasan

Gambar
  Dalam sesi ini, Anda akan melakukan aktivitas yang berbentuk diskusi kelas dan mengikuti paparan materi. Pada diskusi pertama, Anda akan mengulas paparan mengenai gambaran respon kuesioner dari Anda dan rekan CGP lainnya secara umum. Sebelum sesi tatap muka virtual dengan Instruktur, Anda akan melakukan beberapa kegiatan mandiri, sebagai berikut: Diagram Trapesium Usia . Menonton video pendek Diagram Identitas Gunung Es Menonton video pendek Eskalator dan Kerja Otak                                                            Guru teladan :  Suka atau tidak, di luar kelebihan dan kelemahannya, baik atau tidak karakternya, guru sudah terlanjur dipandang sebagai orang yang dapat diteladani di tengah masyarakat kita. Guru sesungguhnya memiliki kesempatan untuk menjadi teladan bagi muridnya. Kini, pilihannya adalah memanfaatkan kesempatan itu dengan sengaja atau membiarkannya lewat begitu saja dan tidak melakukan apa-apa. Menjadi teladan harus diusahakan secara sadar.                     

Appreciative Inquiry Jon Townsin seorang Psikolog Organisasi

Gambar
 

1.3.a.9. Koneksi Antar Materi

Gambar
  Koneksi Antar Materi - Pembelajaran 7 Durasi                  : 1 JP Jenis Kegiatan  : Mandiri TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS : CGP dapat mengaitkan materi-materi yang telah dipelajari dan materi lain yang relevan ke dalam rencana manajemen perubahan yang menerapkan paradigma dan model inkuiri apresiatif. CGP dapat menunjukkan pelibatan komunitas di sekolah dalam rencana manajemen perubahannya. MENGAITKAN SEMUANYA DALAM RENCANA INKUIRI APRESIATIF Selamat Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak sekalian, ini adalah tahapan terakhir sebelum tahapan eksekusi. Tahapan ini berisi tantangan tugas individu. Sebagai CGP, Anda ditantang untuk membuat rencana perubahan nyata yang perlu dilakukan bersama komunitas Anda di sekolah dengan mempertimbangkan semua materi dan tugas sepanjang Modul 1.3 ini menggunakan paradigma dan model manajemen perubahan  Inkuiri Apresiatif . Anda juga ditantang untuk menunjukkan koneksi dengan materi lain yang relevan di luar modul ini. a) Sintesis berbagai materi Buatlah sebu

Modul 1.3 TUGAS INDIVIDU 7

Gambar
Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak sekalian, berikut ini adalah materi belajar mandiri yang akan menjadi bahan pertimbangan awal dalam mengelaborasi pemahaman Anda mengenai bagaimana guru penggerak dapat berkontribusi dalam mewujudkan  murid merdeka di sekolah. TUGAS INDIVIDU 7  Pada kegiatan ini Anda akan membuat paparan lisan  dalam bentuk video pendek berdurasi maksimum 2 menit .  untuk mengidentifikasi hubungan antara: paradigma inkuiri apresiatif, maksud pernyataan Ki Hajar Dewantara mengenai frasa kodrat alam dan kodrat zaman serta pernyataan beliau berikut: “ Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya   kodrat itu ”. Untuk itu, silahkan gunakan beberapa pertanyaan pemandu berikut: Apa pemahaman Anda mengenai paradigma inkuiri apresiatif (IA)? Bagian mana dari paradigma IA yang berkaitan dengan dua poin dari Ki Hajar Dewantara (KHD) tersebut? Apa pemahaman Anda atas peran pendidik dalam dua poin pikiran KHD tersebut? Bagai

Pembahasan BAGJA dari Instruktur

Gambar
 

1.3.a.8. Elaborasi Pemahaman - Kebutuhan Perubahan di Sekolah

Gambar
  Elaborasi Pemahaman - Pembelajaran 6  Sejauh mana pengetahuan yang saya dapat dari modul ini dapat membantu mewujudkan perubahan yang diperlukan sekolah? Durasi    : 2 JP Moda     : Mandiri dan forum diskusi Tujuan Pembelajaran Khusus: 1. CGP dapat menghubungkan visi CGP dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara serta pendekatan inkuiri apresiatif KEBUTUHAN PERUBAHAN DI SEKOLAH Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak sekalian, berikut ini adalah materi belajar mandiri yang akan menjadi bahan pertimbangan awal dalam mengelaborasi pemahaman Anda mengenai bagaimana guru penggerak dapat berkontribusi dalam mewujudkan  murid merdeka di sekolah. TUGAS INDIVIDU 7  Pada kegiatan ini Anda akan membuat paparan lisan  dalam bentuk video pendek berdurasi maksimum 2 menit .  untuk mengidentifikasi hubungan antara: paradigma inkuiri apresiatif, maksud pernyataan Ki Hajar Dewantara mengenai frasa kodrat alam dan kodrat zaman serta pernyataan beliau berikut: “ Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. P

1.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Menerapkan Inkuiri Apresiatif

Gambar
Demonstrasi Kontekstual - Pembelajaran 5 Bagaimana Inkuiri Apresiatif (IA) dapat melibatkan komunitas? Durasi : 2  JP (90 menit) Jenis Kegiatan:   Penugasan  mandiri Tujuan Pembelajaran Khusus: (1) CGP berlatih menerapkan Inkuiri Apresiatif bersama komunitas di sekolahnya masing-masing. MENERAPKAN INKUIRI APRESIATIF PADA KASUS YANG DITENTUKAN  Selamat datang kembali di sesi pembelajaran ke 6. Pada bagian ini, Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak akan ditantang untuk menjalankan model manajemen perubahan Inkuiri Apresiatif BAGJA secara nyata bersama komunitas dan pemangku kepentingan di sekolah Anda. Sebagai latihan, Anda diminta untuk menjalankan tahapan BAGJA untuk menghasilkan sebuah rekomendasi perubahan. Sebagai tambahan, Anda juga dapat menyimak terlebih dahulu paparan Jon Townsin seorang Psikolog Organisasi yang menjelaskan inkuiri apresiatif dalam videonya berikut ini.   https://youtu.be/apqKi_m6Ejs sebagai filosofi dan proses untuk memanfaatkan kekuatan dan pengalaman semua orang yan