1.3.a.8. Elaborasi Pemahaman - Kebutuhan Perubahan di Sekolah
Sejauh mana pengetahuan yang saya dapat dari modul ini dapat membantu mewujudkan perubahan yang diperlukan sekolah?
Durasi : 2 JP
Moda : Mandiri dan forum diskusi
Tujuan Pembelajaran Khusus:
1. CGP dapat menghubungkan visi CGP dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara serta pendekatan inkuiri apresiatif
KEBUTUHAN PERUBAHAN DI SEKOLAH
Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak sekalian, berikut ini adalah materi belajar mandiri yang akan menjadi bahan pertimbangan awal dalam mengelaborasi pemahaman Anda mengenai bagaimana guru penggerak dapat berkontribusi dalam mewujudkan murid merdeka di sekolah.
TUGAS INDIVIDU 7
Pada kegiatan ini Anda akan membuat paparan lisan dalam bentuk video pendek berdurasi maksimum 2 menit .
untuk mengidentifikasi hubungan antara:
- paradigma inkuiri apresiatif,
- maksud pernyataan Ki Hajar Dewantara mengenai frasa kodrat alam dan kodrat zaman
- serta pernyataan beliau berikut: “Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu”.
Untuk itu, silahkan gunakan beberapa pertanyaan pemandu berikut:
- Apa pemahaman Anda mengenai paradigma inkuiri apresiatif (IA)?
- Bagian mana dari paradigma IA yang berkaitan dengan dua poin dari Ki Hajar Dewantara (KHD) tersebut?
- Apa pemahaman Anda atas peran pendidik dalam dua poin pikiran KHD tersebut?
- Bagaimana Anda memanfaatkan paradigma IA untuk mewujudkan dua poin KHD tersebut?
Langkah-langkah :
- rekam paparan lisan ke dalam bentuk video
- video yang direkam lebih baik diupload ke youtube chanel Anda, copykan alamat /url video youtube
- masukkan alamat /url video youtube ke dalam dokumen (doc) paparan lisan (copy dan paste alamat /url video youtube ke file naskah)
- simpan file paparan lisan
- unggah file paparan lisan yang didalamnya memuat alamat/url video youtube yang telah anda pusblish di chanel anda sesuai petunjuk pengiriman
- apabila filenya audio unggah file audio sesuai petunjuk pengiriman
TUGAS INDIVIDU 8
Setelah mengidentifikasi hubungan visi murid merdeka, filosofi Ki Hajar Dewantara dan paradigma dan metode manajemen perubahan inkuiri apresiatif, kali ini Anda akan merumuskan dan mengubahsuaikan visi Anda untuk menumbuhkan murid merdeka di sekolah. Susunlah rumusan tersebut menjadi sebuah pernyataan (1 paragraf) dalam file word. Kemudian unggah file dengan memberikan nama file : T_Individu8_Nama Peserta
Komentar
Posting Komentar