1.3.a.9. Koneksi Antar Materi
Koneksi Antar Materi - Pembelajaran 7
Durasi : 1 JP
Jenis Kegiatan : Mandiri
TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS :
- CGP dapat mengaitkan materi-materi yang telah dipelajari dan materi lain yang relevan ke dalam rencana manajemen perubahan yang menerapkan paradigma dan model inkuiri apresiatif.
- CGP dapat menunjukkan pelibatan komunitas di sekolah dalam rencana manajemen perubahannya.
MENGAITKAN SEMUANYA DALAM RENCANA INKUIRI APRESIATIF
Selamat Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak sekalian, ini adalah tahapan terakhir sebelum tahapan eksekusi. Tahapan ini berisi tantangan tugas individu. Sebagai CGP, Anda ditantang untuk membuat rencana perubahan nyata yang perlu dilakukan bersama komunitas Anda di sekolah dengan mempertimbangkan semua materi dan tugas sepanjang Modul 1.3 ini menggunakan paradigma dan model manajemen perubahan Inkuiri Apresiatif. Anda juga ditantang untuk menunjukkan koneksi dengan materi lain yang relevan di luar modul ini.
a) Sintesis berbagai materi
- Buatlah sebuah bagan (peta konsep, peta pikiran (mindmap), spider web, dll) atau sebuah artikel untuk menggambarkan kaitan antara materi-materi dalam modul ini, dan juga kaitan dengan modul-modul yang sudah Anda pelajari sebelumnya.
- Unggahlah bagan atau artikel ini sesuai petunjuk.
b) Rancangan tindakan
Setelah melihat keterkaitan antara berbagai materi, Anda tentu memiliki perspektif yang lebih luas yang dapat memperkaya Anda dalam membuat perubahan di kelas atau sekolah. Pada tahapan pembelajaran setelah ini, Anda akan diminta untuk melakukan sebuah tindakan sebagai implementasi dari pemahaman yang sudah didapat. Temukan 5 perubahan yang menurut Anda paling diperlukan sekolah demi mewujudkan visi murid merdeka dengan efektif:
Urutkan daftar tersebut mulai dari yang paling mungkin diwujudkan menggunakan kekuatan yang ada dalam sekolah/kelas Anda sendiri. Lalu pilih SATU saja.
Kemudian, jalankan proses perencanaan Inkuiri Apresiatif menggunakan tahapan B-A-G-J-A secara mandiri, proyeksikan implementasi rencana Anda sampai pada apa dampak nyata yang akan diperoleh murid Anda atas perubahan yang Anda lakukan tersebut. Libatkan murid, komunitas dan unsur-unsur pemangku kepentingan dalam proses perencanaan Anda. Pastikan kembali, bahwa ini bukan sekedar untuk menyelesaikan tugas pendidikan sebagai CGP, ini untuk menumbuhkan murid-murid yang merdeka di sekolah/kelas Anda. Oleh karena itu, pertimbangkanlah bagaimana Anda akan memastikan kontribusi suara dan pandangan murid Anda dalam pembuatan rencana implementasi penumbuhan murid merdeka di sekolah.
Setelah memutuskan perubahan yang akan Anda lakukan di kelas/sekolah, buatlah rancangan sederhana dengan mengisi bagan berikut:
Format Rancangan Tindakan dapat Anda unduh di bagian Bahan Pembelajaran Modul 1.3.
Komentar
Posting Komentar