Pendahuluan Modul 1.1.

 


Secara umum, profil kompetensi Guru Penggerak yang ingin dicapai dari modul ini adalah: 

  1. CGP mampu memahami filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan melakukan refleksi-kritis atas korelasi nilai-nilai tersebut dengan konteks pendidikan lokal dan nasional pada saat ini. 
  2. CGP mampu menjalankan strategi sebagai pemimpin pembelajaran yang mengupayakan terwujudnya sekolah sebagai pusat pengembangan karakter dengan budaya positif.
  3. CGP mampu mengembangkan dan mengkomunikasikan visi sekolah yang berpihak pada murid kepada para guru dan pemangku kepentingan.

Secara khusus, modul ini diharapkan dapat membantu Calon Guru Penggerak untuk mampu:

  1. mendemonstrasikan pemahaman terhadap Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya terhadap konteks Pendidikan Indonesia saat ini dengan membandingkan penerapan pendidikan abad 21 pada konteks lokal (budaya) di tempat asal mereka 
  2. menerjemahkan konsep Merdeka Belajar ke dalam tataran implementasi sesuai konteks lokal (budaya) di tempat asal mereka 
  3. mampu bersikap reflektif dan kritis terhadap Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Materi Modul

  1. Kerangka pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD): Dasar-Dasar Pendidikan & Pendidikan Merdeka
  2. Relevansi dan kontekstualisasi Filosofi Pendidikan KHD dengan situasi Pendidikan di tingkat daerah dan tingkat nasional

Kegiatan pembelajaran pemantik:

  1. CGP menjawab pertanyaan-pertanyaan reflektif-kritis untuk mengetahui pemahaman diri tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara,
  2. CGP menuliskan harapan bagi diri sendiri dan murid-murid setelah mempelajari modul 1.1 dan ekspektasi mengenai materi dan kegiatan yang akan ditemui dalam modul.

Mandiri

  1. CGP mengakses video tentang pendidikan di Indonesia dari zaman kolonial dan menjawab pertanyaan-pertanyaan panduan.
  2. CGP membaca 2 teks Pemikiran Ki Hadjar Dewantara (Dasar Dasar Pendidikan & Metode Montessori, Frobel dan Taman Anak).
  3. CGP mengakses video tentang interpretasi filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara.
  4. CGP membuat rekaman audio atau video singkat untuk menggambarkan pemahamannya mengenai pemikiran Ki Hadjar Dewantara.

 

Forum Diskusi:

  1. CGP mendapatkan materi dari instruktur tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara.
  2. CGP melakukan diskusi dalam kelompok kecil untuk menjawab pertanyaan mengenai proses pembelajaran yang mencerminkan pemikiran Ki Hadjar Dewantara.
  3. CGP mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan mendapatkan umpan balik positif dari Instruktur. 

Mandiri

  1. CGP mengakses video tentang pendidikan di Indonesia dari zaman kolonial dan menjawab pertanyaan-pertanyaan panduan.
  2. CGP membaca 2 teks Pemikiran Ki Hadjar Dewantara (Dasar Dasar Pendidikan & Metode Montessori, Frobel dan Taman Anak).
  3. CGP mengakses video tentang interpretasi filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara.
  4. CGP membuat rekaman audio atau video singkat untuk menggambarkan pemahamannya mengenai pemikiran Ki Hadjar Dewantara.

 

Forum Diskusi:

  1. CGP mendapatkan materi dari instruktur tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara.
  2. CGP melakukan diskusi dalam kelompok kecil untuk menjawab pertanyaan mengenai proses pembelajaran yang mencerminkan pemikiran Ki Hadjar Dewantara.
  3. CGP mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan mendapatkan umpan balik positif dari Instruktur. 

CGP mengikuti sesi diskusi langsung dalam bentuk Konferensi Filosofi Pendidikan KHD yang disampaikan oleh perwakilan Perguruan Taman Siswa serta praktik-praktik baik beberapa sekolah lain untuk memperluas pemahaman mengenai pemikiran filosofis KHD. 

Paparan dalam konferensi ini sejatinya memperdalam dan mempertajam pemikiran-pemikiran CGP dalam mendemonstrasikan secara konkret pemikiran-pemikiran KHD di sekolah dan kelas masing-masing CGP.



Komentar